Tuesday, May 24, 2011

Masihkah agan2 melihat makhluk2 ini???











Yupss, klo yang udah lupa, ini namanya




Spoiler for ???:
KUNANG - KUNANG



Spoiler for wikipedia:

Kunang-kunang adalah sejenis serangga yang dapat mengeluarkan cahaya yang jelas terlihat saat malam hari. Cahaya ini dihasilkan oleh "sinar dingin" yang tidak mengandung ultraviolet maupun sinar inframerah dan memiliki panjang gelombang 510 sampai 670 nanometer, dengan warna merah pucat, kuning, atau hijau, dengan efisiensi sinar sampai 96%.


Kunang-kunang termasuk dalam golongan Lampyridae yang merupakan familia dalam ordo kumbang Coleoptera. Ada lebih dari 2000 spesies kunang-kunang, yang dapat ditemukan di daerah empat musim dan tropis di seluruh dunia. Banyak sepesies ini yang ditemukan di rawa atau hutan yang basah dimana tersedia banyak persediaan makanan untuk larvanya.
Kunang-kunang, yang memancarkan sinar untuk saling mengenali atau untuk memberi tanda kimpoi, menggunakan panjang gelombang sinar yang berbeda, tergantung pada spesiesnya. Selain itu, pada beberapa spesies, kunang-kunang jantan yang mula-mula menyorotkan sinar untuk menarik sang betina, sementara pada spesies lainnya, sang betina yang “memanggil.”


Sebagian kunang-kunang menggunakan cahaya mereka untuk mempertahankan diri. Mereka mengeluarkan sinar sebagai tanda pada musuh bahwa mereka bukan makanan yang lezat.


Bagi kunang-kunang kelompok Photuris, cahaya mereka berperan pula dalam perburuan. Betina jenis ini dapat meniru kerlipan sinyal cahaya yang dipancarkan betina jenis lain, misalnya Photuris. Dengan sinyal cahaya palsu ini, kunang-kunang jantan jenis Photuris pun terjebak dan dimakan oleh Photuris betina.


Cahaya kunang-kunang berperan pula sebagai tanda peringatan, untuk memperingatkan antar-sesama jenisnya tentang ancaman bahaya, maupun peringatan bagi serangga dan burung pemangsa agar tidak memakannya. Sebab, zat pemicu pembentukan cahaya kunang-kunang berasa pahit. Kalaupun ada serangga pemangsa yang nekad, mereka biasanya memakan tubuh kunang-kunang dari bagian kepala, terus hingga ke bagian belakang, kecuali bagian perut yang tidak dimakannya.


Agan/aganwati masih suka liat ga sih di tempat agan/aganwati tinggal??
kalo ane udah lama banget ga nemu, kemana ya mereka?


http://epicpedia.files.wordpress.com/2010/05/kunang-kunang.jpg

http://3.bp.blogspot.com/_NbNw1PvEVLI/TTrqSFl2QWI/AAAAAAAADig/vzUtCyJYjKs/s400/kunang1.jpg



http://bahlul47.files.wordpress.com/2011/02/kunang2.jpg

http://4.bp.blogspot.com/-D59BUS9cB0Q/TcAxcRhVqNI/AAAAAAAADpY/fCIXcVt6Sg4/s1600/kunang-kunang+copy.jpg

http://pethakilan.files.wordpress.com/2010/11/kunang-kunang.png

http://4.bp.blogspot.com/_Uk6DkrShhsw/TIULz_IhaGI/AAAAAAAAABU/KPL6pPSr5L4/s1600/23kxhu8.jpg

http://remaja.suaramerdeka.com/wp-content/uploads/2010/01/kunang.jpg




















sumber:http://www.kaskus.us/showthread.php?t=8719301
http://www.klikunic.com/2011/05/masihkah-agan2-melihat-makhluk2-ini.html

No comments:

Post a Comment