Thursday, May 26, 2011

Ternyata Tertawa Juga Bisa Menular


http://1.bp.blogspot.com/_sITt1I9PG2s/TPdEXzcrdHI/AAAAAAAAIjA/RvvZwJjbPoM/s1600/tertawa.jpg

Pasti kalian pernah mendengar ungkapan ini, "Tertawalah maka seluruh dunia akan ikut tertawa." Ternyata ungkapan ini bukanlah isapan jempol belaka. Berdasarkan sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa tertawa memang benar-benar bisa menular.

Otak akan merespons suara tawa dan menghubungkan otot-otot wajah sebagai persiapan untuk bergabung dengan ekspresi kegembiraan tersebut.


http://4.bp.blogspot.com/_pppGBKBuLg8/SdstRKFmtQI/AAAAAAAAAB0/_E3NTjoDNA8/s400/tertawa.jpg

Jika melihat orang tertawa atau membaca suatu cerita yang mendeskripsikan tentang tertawa, tanpa disadari seseorang akan ikut tersenyum atau tertawa. Jika menguap bisa menular, ternyata tertawa juga bisa menular. Hal ini dibenarkan oleh Sophie Scott, seorang ilmuwan syaraf di University College London.

Semua suara ini akan memicu respons di daerah premotor kortikal di otak yang menyiapkan otot di wajah untuk bergerak sesuai dengan suara yang didengar.

"Respons akan jauh lebih tinggi dan lebih menular terhadap suara positif daripada suara negatif. Hal inilah yang memaksa seseorang ikut tersenyum ketika melihat atau mendengar orang lain tertawa," ungkap Scott.

http://1.bp.blogspot.com/-iJPKL5LvVbg/TWR-zbIRdeI/AAAAAAAACho/cnyfuRt_Ekk/s1600/anak-tertawa.jpg











sumber:
http://kode23.blogspot.com/2010/11/ternyata-tertawa-juga-bisa-menular.html
http://www.klikunic.com/2011/05/ternyata-tertawa-juga-bisa-menular.html

No comments:

Post a Comment