Wednesday, May 25, 2011

Makanan Yang Membuat Ngantuk



Makanan adalah sumber energi, tapi beberapa makanan justru bisa menyerap energi dan membuat kita merasa ngantuk. Cari tahu makanan apa saja yang membuat seseorang mengantuk. Jangan-jangan selama ini Anda sering ngantuk dan lelah karena terlalu sering mengonsumsi makanan tersebut.

berikut ini adalah makanan yang membuat Anda tidak bisa berhenti menguap:


1. Sarapan manis-manis

http://3.bp.blogspot.com/_SnPZ41NJjTg/SNURZxGAKrI/AAAAAAAAAMM/IdToKC00bx4/s400/KOlak.jpg

Gula dan karbohidrat sederhana mungkin bisa meningkatkan energi, tapi bisa menurunkannya juga dengan cepat. Penurunan gula dalam darah yang terlalu drastis mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap guna mendapatkan oksigen lebih banyak untuk pembakaran energi. Hindari makanan manis seperti donat atau kue-kue manis lainnya karena bisa menurunkan produksi zat kimia dalam otak yang berfungsi membuatnya tetap 'menyala'.

2. Minuman berenergi

http://3.bp.blogspot.com/__cSIOAG4zfU/SwK34hRk6oI/AAAAAAAAAWs/ELkBnnj3jnE/s1600/59471large.jpg

Minuman khusus seperti ini biasanya mangandung gula tinggi dan juga kafein. Beberapa lama setelah minum, gula darah kembali turun dan menyebabkan kehausan dan tenaga kosong. Lebih baik konsumsi air putih jika lain kali kehausan daripada minum minuman penambah energi tapi jadi malas dan mengantuk.

3. Makanan berlemak

http://finkscholar.files.wordpress.com/2008/12/kare500.jpg

Teorinya sederhana, lemak lebih susah dicerna. Organ pencernaan membutuhkan waktu 6 hingga 8 jam untuk mencernanya, oleh karena itu jika tubuh tidak punya persediaan energi yang lain kemungkinan Anda akan merasa lemas dan mengantuk. Makanan berlemak juga diketahui bisa menyebabkan kemampuan mengingat berkurang.

4. Makanan rendah zat besi

http://3.bp.blogspot.com/_ML87RYLtRYY/R0CAsWzHM1I/AAAAAAAAARc/lCHAevfYL1g/s400/kerupuk+lontong.jpg

Zat besi adalah zat pembangun energi dan kalori. Anda akan merasa lelah jika kekurangan zat tersebut. Konsumsi paha ayam lebih baik dalam meningkatkan zat besi ketimbang bagian dadanya. Daging merah juga tinggi zat besi tapi lebih banyak kolesterol. Labu juga diketahui mengandung zat besi tinggi yang bisa dimakan sebagai camilan di sore hari.

5. Anggur merah

http://doktergiri.files.wordpress.com/2009/08/anggur_merah.jpg

Segelas anggur ketika makan malam mungkin terdengar enak bagi sebagian orang. Tapi asal tahu saja, alkohol bisa menyerap energi dari tubuh karena mengandung melatonin yang tinggi, yaitu hormon yang memproduksi rasa kantuk. Tapi jangan pernah gunakan alkohol sebagai obat tidur, cobalah susu untuk menggantinya.




















sumber:
http://dunia-panas.blogspot.com/2010/09/makanan-yang-membuat-ngantuk.html
http://www.klikunic.com/2011/05/makanan-yang-membuat-ngantuk.html

No comments:

Post a Comment