Tuesday, May 24, 2011

Ditemukan Mumi Wanita Berusia 700 Tahun di Cina




Pekerja jalanan tidak sengaja menemukan mumi 700 tahun dalam kondisi sangat baik di timur Cina. Mayat ini diyakini dari Dinasti Ming yang berkuasa pada 1368 hingga 1644. Mumi yang ditemukan di kota Taizhou, Provinsi Jiangsu, Cina itu juga disertai dengan dua kotak makam kayu.

Arkeolog Cina dari Museum Taizhou sangat terkejut melihat kondisi kulit mumi wanita itu. Bahkan, rambut, bulu mata dan wajah menunjukkan mayat ini seolah baru saja meninggal.

“Pakaian mumi sebagian besar terbuat dari sutra dengan sedikit katun. Biasanya, sutra dan katun sangat sulit untuk disimpan dengan baik sehingga perlu kecakapan yang tinggi untuk membuat pemakaman seperti ini,” kata Direktur Museum of Taizhou, Wang Weiyin.

http://3.bp.blogspot.com/_DFjIkoLEX-M/TO-MuJ-BCbI/AAAAAAAAE8k/6iBNJZZPSaQ/s1600/mummi_pakaian_wanita.jpg

Dengan tubuh setinggi 1,5 meter, mayat itu tersimpat dalam peti berisi cairan cokelat. Mumi itu juga menggunakan sebuah cincin, berpakaian tradisional dinasti Ming serta terdapat keramik dan tulisan-tulisan kuno di dalam peti mati.

Berada dua meter di bawah permukaan jalan, fitur wanita dari kepala hingga sepatu ini tetap bertahan dengan kondisi asli. Bahkan tidak tampak perubahan yang sangat signifikan.

Dinasti Ming yang membangun Kota Terlarang (Forbidden City) dan memulihkan Tembok Besar Cina merupakan dinasti terakhir di Cina. Mereka juga menandai pertumbuhan ekonomi dan kemegahan budaya yang menghasilkan kontrak komersial pertama dengan Barat.

http://laporanpenelitian.files.wordpress.com/2008/06/inca_mummy_1.jpg

















sumber:http://unik.bloggermu.com/2011/03/ditemukan-mumi-wanita-700-tahun-di-cina.html
http://www.klikunic.com/2011/05/ditemukan-mumi-wanita-700-tahun-di-cina.html

No comments:

Post a Comment